Minggu, 15 November 2015

What is Love?




Berbicara soal Cinta yang dalam bahasa Inggris disebut ‘Love’, pasti tidak asing lagi di telinga setiap manusia. Cinta itu indah. Cinta itu kebahagiaan. Cinta itu sempurna. Pengertian cinta bisa dibilang bersifat relatif karena sulit dibedakan batasan dan pengertiannya. Setiap orang pasti mempunyai pendapat yang berbeda mengenai Cinta.


Dalam Psikologi, Cinta dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :


1.      Cinta Karena Nafsu

Yaitu cinta yang mengakibatkan hubungan antar dua orang tidak terkontrol lagi, emosi sangat menguasai akal sehat seseorang sehingga perilaku seolah terjadi secara spontan untuk menjawab rangsangan emosi yang berlebihan.


2.      Cinta Pragmatis

yaitu cinta terjadi keseimbangan antara dua orang, ada rasa suka dan duka, serta  adanya timbal balik.


3.      Cinta Altruistik

biasanya terjadi pada seorang ibu kepada anaknya, cinta ini disertai kasih sayang yang tidak ada batasnya.


Cinta adalah suatu perasaan yang positif yang pasti dialami oleh semua makhluk hidup.  Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut. Arti atau makna cinta sendiri sangat luas karena  objeknya sangat banyak, bisa berupa makhluk hidup bahkan benda mati dan emosi dari cinta kepada setiap objek pasti berbeda. Contoh-contoh cinta yaitu :

  • Cinta kepada Tuhan
  • Cinta alam atau lingkungan
  • Cinta orang tua dan keluarga
  • Cinta kepada lawan jenis atau pasangan hidup
  • Cinta terhadap pekerjaan yang dimiliki
  • Cinta atas diri sendiri atau narcissism
  • Cinta terhadap bangsa dan negara
  • Cinta terhadap teman-teman
  • Dan lain-lain

Ada yang disebut dengan Cinta Sejati, menurut saya cinta sejati hanya ada dalam dua kategori, yaitu cinta orang tua kepada anaknya dan cinta Tuhan kepada umatnya. Berbeda dengan istilah ‘jatuh cinta’, jatuh cinta biasanya cenderung terjadi pada seseorang dengan lawan jenisnya yaitu timbulnya rasa ketertarikan, nyaman, ingin tau tentang kehidupannya, dan rasa ingin memiliki. Ada juga istilah ‘cemburu’ dalam hal cinta, yaitu rasa takut kehilangan orang yang dicintai, tanda kurang percaya diri dan penghargaan diri. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar