Minggu, 27 Maret 2016

Ide Bisnis


IDE BISNIS

Ide berasal dari kata Idea yang artinya adalah Gagasan atau Pemikiran Yang Baik. Ide Bisnis artinya respon seseorang, atau sekelompok orang, atau suatu organisasi, untuk memecahkan masalah yang telah teridentifikasi di masyarakat atau untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan di sebuah lingkungan masyarakat (pasar, komunitas dan lain-lain)
Berdasarkan artikel dari sulhanaruslan.blogspot.co.id, suatu ide usaha/bisnis yang bagus adalah penting, atau bahkan merupakan persyaratan untuk usaha/bisnis yang sukses. Namun demikian ide bisnis yang bagus biasanya tidak langsung datang kepada pengusaha, tetapi merupakan hasil dari kerja keras dan upaya dari pengusaha untuk membangkitkan, mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang.
Ada dua hal penting yang harus dicatat dalam suatu ide bisnis bagus tersebut:
1.      Walaupun merupakan persyarat, ide bisnis hanyalah suatu alat
2.      Suatu ide diubah menjadi peluang bisnis yang menguntungkan
Dengan kata lain, tanpa mengurangi arti pentingnya, sebuah ide hanyalah alat yang harus dikembangkan, dan diubah menjadi peluang usaha/bisnis yang menguntungkan.

Dari mana saja Ide Bisnis itu bisa muncul?
Menurut artikel dari artikel komunitas.bukalapak.com, ide bisnis bisa muncul dari :
1.    Cita – cita
Bila keinginan Anda untuk menjadi pebisnis sangat kuat, maka Anda akan melihat peluang-peluang di hampir semua bidang. Hampir setiap apa yang dilihat adalah peluang bisnis. Atau setidaknya, Anda secara naluri akan berupaya mencari peluang di suatu jenis usaha.

2.    Tekanan
Bila seseorang menghadapi tekanan maka banyak gagasan yang mucul. Ketika seseorang mendapatkan tekanan untuk bisa hidup dan menghidupi keluarganya, biasanya dia akan banyak berpikir untuk mendapatkan solusinya.

3.    Kecenderungan Pasar
Mengamati kebutuhan konsumen di pasar dapat menimbulkan peluang bisnis. Contoh, kecendrungan sebagian orang akan belanja langsung ke pabrik dengan harga murah. Maka bermuncullah factory outlet di mana-mana. Dengan berbagai promosi maka FO menawarkan barang dengan harga murah dengan kualitas barang yang dapat dijamin

4.    Inovasi Baru
Gagasan untuk menciptakan produk baru timbul karena adanya kebutuhan, sementara produk itu belum ada di pasaran. Apabila kita berhasil menciptakan produk tersebut dan dibutuhkan konsumen maka kita dapat menjadi yang pertama dan menguasai bisnis tersebut (leader).

5.    Komplemen dari produk yang ada
Sebuah produk dapat memberikan peluang bisnis dengan membuat produk-produk yang melengkapinya, biasanya berupa aksesori. Produk otomotif seperti mobil biasanya disertai dengan produk aksesori yang menyertainya. Seperti diketahui, aksesori semacam ini bisa menjadi peluang bagi si pembuat produk maupun perusahaan.

6.    Peristiwa yang digemari atau munculnya tokoh
Suatu peristiwa bisa menimbulkan peluang baru. Contoh, adanya musim kompetisi sepak bola, muncul produk-produk seperti t-shirt yang bergambar piala, pemain sepak bola favorit, dan lain-lain.

7.    Wawasan
Orang yang wawasan dan pergaulannya luas dan dia mau berpikir, maka akan menemukan peluang bisnis. Misalnya seseorang yang sering melihat bisnis yang dilakukan di luar negeri dan bisnis tersebut belum ada di negaranya, ini merupakan cara untuk mendapatkan peluang bisnis.

8.    Bahan Bacaan
Membaca, selain menambah wawasan dan pengetahuan, juga bisa menimbulkan gagasan yang mengandung peluang bisnis. Bahan bacaan bisa dari berbagai media. Bila Anda memang sedang berpikir keras mencari peluang, ketika Anda membaca iklan produk barang atau jasa, ada kemungkinan Anda mendapatkan peluang bisnis. Peluang yang Anda dapatkan bisa berbeda dengan yang diiklankan


Menurut saya Ide bisnis memang bisa didapatkan dari mana saja, namun sebuah Ide Bisnis baru bisa disebut sebagai Ide Bisnis jika seseorang sudah memikirkan jalannya suatu Bisnis dari ide tersebut sehingga menjadi sebuah usaha yang menghasilkan profit. Jadi, Ide bisnis tidak akan menjadi sebuah ide bisnis jika kita tidak mengetahui langkah-langkah berikutnya. Misalkan, konsep dari sebuah ide tersebut, target pasar yang seperti apa (contoh : mahasiswa, orang kerja, perumahan, dll), promosi, dan lain-lain.
Ide bisnis bukan sekedar menemukan atau membuka suatu bisnis berdasarkan inovasi baru yang belum ada di pasaran. Karena belum tentu pasar akan menerima inovasi baru tersebut jika tidak ada kualitas dari ide tersebut. Membangun sebuah bisnis bisa dari bisnis yang sudah ada atau pasaran namun yang membedakan adalah niat, kualitas, dan relasi yang kuat. Relasi yang kuat dapat  melancarkan jalannya suatu ide bisnis, yaitu dengan menghubungi teman atau saudara yang mau diajak bisnis bersama atau sekedar mempromosikan suatu bisnis tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar