IDE BISNIS
Ide
berasal dari kata Idea yang artinya adalah Gagasan atau Pemikiran Yang Baik. Ide
Bisnis artinya
respon seseorang, atau sekelompok orang, atau suatu organisasi, untuk
memecahkan masalah yang telah teridentifikasi di masyarakat atau untuk memenuhi
kebutuhan yang diinginkan di sebuah lingkungan masyarakat (pasar, komunitas dan
lain-lain)
Berdasarkan
artikel dari sulhanaruslan.blogspot.co.id, suatu ide usaha/bisnis yang
bagus adalah penting, atau bahkan merupakan persyaratan untuk usaha/bisnis yang
sukses. Namun demikian ide bisnis yang bagus biasanya tidak langsung datang
kepada pengusaha, tetapi merupakan hasil dari kerja keras dan upaya dari
pengusaha untuk membangkitkan, mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang.
Ada dua hal penting yang
harus dicatat dalam suatu ide bisnis bagus tersebut:
1. Walaupun merupakan persyarat, ide
bisnis hanyalah suatu alat
2. Suatu ide diubah menjadi peluang
bisnis yang menguntungkan
Dengan kata lain, tanpa
mengurangi arti pentingnya, sebuah ide hanyalah alat yang harus dikembangkan,
dan diubah menjadi peluang usaha/bisnis yang menguntungkan.
Dari mana saja Ide Bisnis itu bisa
muncul?
Menurut artikel dari artikel komunitas.bukalapak.com,
ide bisnis bisa muncul dari :
1. Cita – cita
Bila keinginan Anda untuk menjadi pebisnis sangat kuat,
maka Anda akan melihat peluang-peluang di hampir semua bidang. Hampir setiap
apa yang dilihat adalah peluang bisnis. Atau setidaknya, Anda secara naluri
akan berupaya mencari peluang di suatu jenis usaha.
2. Tekanan
Bila seseorang menghadapi tekanan maka banyak gagasan
yang mucul. Ketika seseorang mendapatkan tekanan untuk bisa hidup dan
menghidupi keluarganya, biasanya dia akan banyak berpikir untuk mendapatkan
solusinya.
3. Kecenderungan Pasar
Mengamati kebutuhan konsumen di
pasar dapat menimbulkan peluang bisnis. Contoh, kecendrungan sebagian orang
akan belanja langsung ke pabrik dengan harga murah. Maka bermuncullah factory
outlet di mana-mana. Dengan berbagai promosi maka FO menawarkan barang dengan
harga murah dengan kualitas barang yang dapat dijamin
4.
Inovasi Baru
Gagasan untuk menciptakan produk
baru timbul karena adanya kebutuhan, sementara produk itu belum ada di pasaran.
Apabila kita berhasil menciptakan produk tersebut dan dibutuhkan konsumen maka
kita dapat menjadi yang pertama dan menguasai bisnis tersebut (leader).
5.
Komplemen dari produk yang ada
Sebuah produk dapat memberikan peluang bisnis dengan
membuat produk-produk yang melengkapinya, biasanya berupa aksesori. Produk
otomotif seperti mobil biasanya disertai dengan produk aksesori yang
menyertainya. Seperti diketahui, aksesori semacam ini bisa menjadi peluang bagi
si pembuat produk maupun perusahaan.
6.
Peristiwa yang digemari atau
munculnya tokoh
Suatu peristiwa bisa menimbulkan
peluang baru. Contoh, adanya musim kompetisi sepak bola, muncul produk-produk
seperti t-shirt yang bergambar piala, pemain sepak bola favorit, dan lain-lain.
7. Wawasan
Orang yang wawasan
dan pergaulannya luas dan dia mau berpikir, maka akan
menemukan peluang bisnis. Misalnya seseorang yang sering melihat bisnis yang
dilakukan di luar negeri dan bisnis tersebut belum ada di negaranya, ini
merupakan cara untuk mendapatkan peluang bisnis.
8.
Bahan Bacaan
Membaca, selain menambah wawasan
dan pengetahuan, juga bisa menimbulkan gagasan yang mengandung peluang bisnis.
Bahan bacaan bisa dari berbagai media. Bila Anda memang sedang berpikir keras
mencari peluang, ketika Anda membaca iklan produk barang atau jasa, ada
kemungkinan Anda mendapatkan peluang bisnis. Peluang yang Anda dapatkan bisa
berbeda dengan yang diiklankan
Menurut
saya Ide bisnis memang bisa didapatkan dari mana saja, namun sebuah Ide Bisnis baru
bisa disebut sebagai Ide Bisnis jika seseorang sudah memikirkan jalannya suatu
Bisnis dari ide tersebut sehingga menjadi sebuah usaha yang menghasilkan profit. Jadi, Ide bisnis tidak akan
menjadi sebuah ide bisnis jika kita tidak mengetahui langkah-langkah berikutnya.
Misalkan, konsep dari sebuah ide tersebut, target pasar yang seperti apa
(contoh : mahasiswa, orang kerja, perumahan, dll), promosi, dan lain-lain.
Ide
bisnis bukan sekedar menemukan atau membuka suatu bisnis berdasarkan inovasi
baru yang belum ada di pasaran. Karena belum tentu pasar akan menerima inovasi
baru tersebut jika tidak ada kualitas
dari ide tersebut. Membangun sebuah bisnis bisa dari bisnis yang sudah ada atau
pasaran namun yang membedakan adalah niat, kualitas, dan relasi yang kuat. Relasi
yang kuat dapat melancarkan jalannya suatu
ide bisnis, yaitu dengan menghubungi teman atau saudara yang mau diajak bisnis
bersama atau sekedar mempromosikan suatu bisnis tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar